Seni Mahal dari Bahan Murah: Kardus

Kalau bicara tentang seni atau artwork itu biasanya mengarah ke sebuah seni yang dibuat secara manual ataupun digital, artworker sendiri pasti punya ide-ide brilian untuk menciptakan suatu karya yang luar biasa dari yang luar biasa. Sama halnya kayak karya seni kali ini, seni yang memanfaatkan barang bekas yang kebanyakan ada di setiap rumah, yaitu kardus.



Kardus itu diolah menjadi sesuatu yang unik, berbentuk rapi dan bernilai seni tinggi. Harga pasarannya juga mahal, apalagi seni kardus itu membuat sebuah bentuk yang terkesan rumit dan susah. Tidak ada keterampilan khusus yang digunakan untuk menciptakan karya seni kardus ini, hanya dibutuhkan keuletan dan ketelatenan untuk membentuk dan merancang kardus-kardus bekas tersebut.

Apalagi melihat pengangguran yang makin meningkat di Indonesia gini, gue sendiri ikut prihatin dan kadang ada rasa keinginan buat membantu dan membuka lapangan pekerjaan yang hanya dimodalkan ketelatenan. Barang seperti kardus ini, emang nggak terlalu bernilai tinggi kalau cuma jadi rongsokan tapi mau dikata apa kalau diolah dengan lebih baik bakal menghasilkan duit yang bernilai besar.


"Ketekunan dan kemauan yang harus terus ada," kata salah satu pengrajin kardus yang diwawancarai oleh news.detik.com

Setelah gue meninjau lebih jauh tentang seni kardus ini, dan mungkin muncul pertanyaan kenapa harus memilih kardus sebagai sarana membuat seni dan barang antik tersebut? Nah, bisa gue ambil kesimpulan karena kardus bahan yang murah meriah. Tentu aja murah, karena kardus adalah barang yang nggak harus dibeli tapi ada dimana-mana. Kalau perlu, tetangga deket rumah aja bisa kasih dengan sukarela kardus-kardus yang sekitranya udah nggak dipakai sama mereka, ya daripada dibuang, dibakar atau cuma dirongsokan mending dibuat kerajinan kreatif. Tapi bukan sembarang kardus. Harus memilih kardus dengan permukaan yang datar biar mudah dibentuk.





Jaman sekarang ini, udah nggak asing lagi dengan yang namanya mainan kardus kecil yang imut dan gemesin, yaitu Danbo. Boneka dengan nama Danbo ini adalah salah satu kreatifitas yang berasal dari Jepang, Danbo sendiri adalah kependekan dari Danboard, dibuat dari kertas karton board. Boneka ini adalah kreasi dari Azuma Kiyohiko seorang komikus serial manga Yotsuba. Walaupun tidak sepenuhnya dan emang bukan dari kardus tapi boneka ini udah menyerupai dan menginspirasi untuk membuat boneka lain dengan menggunakan bahas dasar karton board dan bisa juga dengan kardus, ya bisa dibilang cari efisiennya aja karena kardus kan gampang dicari. Danbo sendiri di Jepang dijual dengan harga mulai dari 5000 yen atau sekitar Rp 500.000 per bijinya. Wah, mahal kan? Makanya daripada buang-buang duit mending ciptain kreasi sendiri, mungkin bisa jadi nanti namanya bukan DANBO tapi DANKAR/DANDU (Dan Kardus).




Gue sempat menemui, bukan menemui sih tepatnya adalah menemukan artikel tentang seorang pengrajin kardus yang membuat kardus menjadi mainan truk dan rumah-rumahan. Beliau adalah pak Didin Wahyudin. Beliau mendapat penghasilan yang nggak tentu. Kadang sehari bisa laku 17 buah, untuk truk atau bus dijual dengan harga Rp 10.000 sedangkan yang rumah-rumahan karena agak sulit pembuatannya jadi dijual dengan harga Rp 15.000. Itu menurut gue adalah upah yang lumayan besar ya kalau untuk karya seni kardus dengan ukuran kecil, apalagi modalnya nggak lebih dari segitu, wah udah untung banyak pastinya.
Referensi: Detik Bandung

Ada banyak kreatifitas yang diciptakan dari seorang seniman kardus, misalnya aja dari seni kardus alat transportasi dan alat bantu jalan. Ada sepeda, vespa, mobil, motor, dan kursi roda.










Ada juga yang berupa gadget nih, wah nggak kalah keren deh. Ada kamera, casing handphone dan lainnya.

Gue aja rasanya pengen semua dari karya-karya keren ini, apalah daya gue sendiri bingung mau beli dimana dan gimana bikinnya.


Keil Johnson menciptakan sejumlah kamera yang dibuat dari bahan baku kardus alias cardboard. Meski lebih mirip kerajinan tangan, ternyata kamera-kamera kertas karton tersebut bisa digunakan untuk memotret.

Tertarik lebih lanjut mengenai kamera kardus ini, silakan lo buka sendiri link ini mymodernmet.

Selain karya-karya diatas ada juga karya yang lain, yang tentunya nggak kalah awesomenya.



Diatas itu adalah karya sepatu dari kardus, kayaknya lebih efisien dan keren nih sepatu. Harus coba dan kayaknya nggak perlu ngeluarin duit banyak buat beli sepasang haha.


Did you know? Seorang seniman Inggris atau lebih dikenalnya dengan nama "Chris Gilmour" berhasil membuat replika kota-kota besar di dunia sekaligus icon terkenal di negara tersebut dengan detail yang menawan.




Bakat seni Chris Gilmour dengan bekal kardus ini udah dikenal sejak tahun 2009. Tapi proyek baru atau karya seni barunya yang berjudul "Anda bisa membangun apapun jika menggunakan pikiran Anda," adalah karya yang benar-benar keren dan memikat banyak orang.

Seniman berbakat ini cuma menggunakan kotak kardus dan lem untuk membangun model dan replika beberapa landmark terkenal yang ada di dunia. Gilmour berhasil membangun replika kota Roma seluas 12 meter persegi hanya dalam waktu dua hari saja. Dua hari? Itu waktu yang singkat, men. apalagi kalau gue lihat dari hasil foto karyanya, itu bener-bener rumit dan detail banget! apalagi dia menambahkan sungai Thames di bagian tengah serta replika Big Ben, Tower Bridge, dan Big Eye. Hmm gue cuma bisa telan ludah lihatnya. Keren!



Replika kota Roma dari kardus

Beberapa karya yang digunakan dalam iklan Bankers Box bahkan menunjukkan bagaimana seniman ini membuat replika Paris dan Berlin secara detail.


Replika kota Berlin dalam kardus


"Membuat icon masing-masing kota adalah tantangan yang besar. Ini merupakan proyek terbesar yang pernah kulakukan. Untungnya kardus adalah bahan yang mudah digunakan.. Tantangan terbesarnya adalah menempatkan masing-masing icon di kota tersebut dengan rancangan yang detail," ungkap Gilmour, seperti dilansir oleh Oddity Central (26/02).

Gilmour berhasil menyelesaikan karya seninya dengan hasil yang menawan. Jika ingin melihat pembuatan karya seni ini dalam iklan Banker Box, simak videonya dilink berikut ini:


Bankers Box® LONDON - Watch how Fellowes brought the Bankers Box® brand to life through art


Karya lain yang bisa dinikmati lagi, tapi kali ini bukan dari Gilmour ya hahaha.








Dan semua karya-karya ini adalah karya yang menurut gue paling sulit dibuat dan niat banget bikinnya. Patut diberi penghargaan dan perlu dicontoh untuk diterapkan dalam kehidupan, walaupun nggak serumit ini bikinya tapi paling enggak memberi gambaran tentang "akan menciptakan karya yang luar biasa."


Sumber foto:
emikalubbya.wordpress.com,
www.wowkeren.com,
http://hidupiniseni.wordpress.com/2011/12/03/karya-seni-dari-kardus/
denpasar.olx.co.id
http://news.detik.com/bandung/readfotodetail/2009/04/13/075521/1114388/661/1/sulap-kardus-jadi-truk
www.clasensation.com
campurandom.blogspot.com
www.beritateknologi.com
http://www.merdeka.com/gaya/seniman-buat-replika-kota-kota-besar-pakai-kardus.html
otomotif.sportku.com
old.cakka.web.id
recyclecreative.blogspot.com

19 comments:

Berkomentarlah seperti kalian bertamu ke rumah seseorang. Adab yang baik menimbulkan kesan yang baik pula. Terima kasih.

Rian Nofitri

Powered by Blogger.